Powered by Blogger.


Tips ketika makan sahur dan berbuka puasa

>> Friday, 13 August 2010

Hari ini memasuki hari ketiga puasa, semoga puasanya lancar semua sampai akkhir Ramadhan nanti. Hari pertama puasa kemarin, kakak (anakku) alhamdulillah bisa tamat sampai waktu berbuka. Walau pagi hari ketika dibangunkan untuk makan sahur malas-malasan, tapi setelah dibujuk akhirnya mau juga ikut makan sahur. Nah ketika siang, sudah pesan nanti mau makan ini, makan itu. Maklumlah...masih anak-anak.
Ketika tiba saatnya berbuka puasa, kakak lahap sekali makannya. Susah dibilang kalau makannya mesti bertahap agar perut tidak kaget setelah seharian kosong. Selesai makan apa yang terjadi? sakit perut... Setelah dioleskan minyak, akhirnya tidur, tidak jadi berangkat sholat tarawih.

Nah untuk menghindari hal-hal seperti itu, ada baiknya kita tahu bagaimana tipsnya ketika kita makan sahur dan berbuka puasa diantaranya adalah:

1. Makanlah secara bertahap saat berbuka puasa. Santaplah yang ringan dahulu agar tidak mengejutkan pencernaan.

2. Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang memiliki keasaman tinggi seperti cuka. Sebab mendekati berbuka puasa terjadi peningkatan asam lambung.

3. Awali dengan makanan atau minuman yang berkadar gula tinggi dengan maksud agar mudah diubah menjadi energi, seperti kurma, cendol, kolak, atau buah-buahan segar. Hindari langsung berbuka dengan makanan yang sulit diubah menjadi energi seperti nasi. Bila ingin mengonsumsi nasi, biarkan perut beristirahat sekitar 1 jam setelah makan yang manis-manis. Semua itu agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.

4. Dianjurkan mengonsumsi santapan bersuhu ruangan atau suam-suam kuku karena relatif sama dengan suhu tubuh. Hindari makanan-minuman yang panas sekali atau dingin sekali.

5. Acara makan lengkap bisa dilakukan seusai salat Magrib atau Tarawih. Biasakan makan secara terkontrol, baik jenis bahan maupun jumlahnya.

6. Upayakan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Lebih baik berhenti makan sebelum batas kenyang agar tubuh bisa menyerap zat gizi secara efektif.

7. Sahur diharapkan dapat menyumbang 1/3 kebutuhan energi sehari. Nah, sisanya sebanyak 2/3 bagian hendaknya terlunasi saat berbuka dan sepanjang waktu makan malam.

sumber nakita.
Mudah-mudahan bermanfaat!

tags: aturan saat makan sahur, tips ketika berbuka puasa, tips makan sahur, makan sahur dan buka secara sehat.

Baca juga yang ini yuk:
Mengajari si kecil berpuasa.
Agar si kecil kuat berpuasa.
Konsumsi buah disaat buka dan sahur.

25 comments:

Bunda Farras 13 August 2010 at 06:22  

siip deh, makasih sharingnya bun .. agak telat nih .. mohon maaf lahir & bathin .. met puasa yaa :)

kakara 13 August 2010 at 09:14  

Makasih tipsnya mba.. bisa langsung diamalkan nih.

j4j 13 August 2010 at 13:27  

Selamat sore mbak...!!!

Lagi ngabuburit...!!!

Selamat berbuka puasa...!!!

Bunglon Blog Indonesia 13 August 2010 at 20:15  

memperhatikan pola makan saat sahur dan berbuka memang memberikan efek yang bagus untuk kita, dan jangan terlalu berlebihan tentunya...
Sukses Slalu!

Ozzys Blog™ 14 August 2010 at 09:19  

tambah lagi yang penting adalah Nawaitu nya jangan ketinggalan, hi hi sunah lho mengucapkan Nawaitu

Ferdinand 15 August 2010 at 07:30  

Bener tuh.. klo aku biasanya minum teh dlu buat ng'batalin... nasi sih ntar2 aja haha.......

klo sahur ya juga gak banyak2 hhe....

Rizky2009 15 August 2010 at 17:08  

tips yg sangat bermanfaat buat saya terapkan nanti

genial 15 August 2010 at 20:36  

pasti si kakak tu anaknya aktif banged iia.. keliatan sii :) selamat menjalankan ibadah puasa.. :)

ureh 16 August 2010 at 13:24  

saya biasanya langsung ,makan nasi mba, habis itu ngantuk. jadi lupa taraweh

DeeA Spa 16 August 2010 at 15:38  

wah makasih, tips nya bagus sekali.

Mat Odis 16 August 2010 at 15:49  

oke dehh tipsnya di save dulu nihhh

Saung Web 19 August 2010 at 14:43  

Makasih atas tipsnya ya.. n selamat berpuasa dibulan yg suci ini .. maafkan juga andai ada salah2 kata selama ngeblog ini

Ello Aristhosiyoga 19 August 2010 at 22:42  

Weleh2, oke juga tipsnya. Salam ya, buat anaknya. Hebat udah bisa puasa.

Willyo Alsyah P. Isman 20 August 2010 at 19:31  

senang rasanya bisa berkunjung kesini lagi stlh sekian lama vakum

Zippy 21 August 2010 at 09:30  

Wah..ada aturannya juga yah :D
Bagus nih infonya buat yang menjalankan ibadah puasa :)
Btw, suam-suam kuku apa ya mbak?
Pernah denger sebelumnya, tapi lupa maksudnya :D

Kang Sugeng 23 August 2010 at 02:46  

wuaaaah.. tipsnya sangat bermanfaat mbak... memang kalo berbuka diawali dng es jadinya lemes

BeeMouNTaiN 23 August 2010 at 08:15  

salam.. lama tak mampir ke sini..

aaSlamDunk 23 August 2010 at 11:38  

selamat puasa juga..
kalo makan yg penting sehat.. hehe dan perutnya kuat
serta tidak mengurangi pahala puasa... amieen

Bunglon Blog Indonesia 24 August 2010 at 06:47  

mampir siang hari, selamat beraktivitas dan menjalankan ibadah puasa..
Sukses Slalu!

Bonthain 26 August 2010 at 19:48  

mantap tipsnya mba'
Selamat menanti saat Sahur ya bt semua dan selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan
mg puasanya ttp lancar

Ummu Abdillah 29 August 2010 at 07:59  

Salam kenal bunda.. mudah-mudahan pada saatnya nanti dimudahkan dalam mengajari si kecil berpuasa..masalahny sekarang masih kecil2 sih..

febriyanto 1 September 2010 at 08:52  

kalo buka langsung serang emang kadang bagi sebagian orang malah bikin jebol... hhe... nice tips mba'...

Saung Web 1 September 2010 at 18:50  

Saya justru setiap buka puasa.. es kelapa muda itu wajib adanya mba.. hehe..

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!