Powered by Blogger.


Biasakan Anak Cuci Tangan Sendiri

>> Tuesday, 15 December 2009


Bisa dikatakan tangan adalah organ tubuh yang paling aktif bergerak dan paling sering bersentuhan dengan benda-benda yang ada disekitar. Terlebih bagi anak-anak yang sedang masa aktif-aktifnya bergerak. Entah itu untuk memegang mainan, mengambil makanan atau malah mengusap ingus. Benar kan?

Walaupun kelihatannya merupakan hal yang mudah (kadang tidak diperhatikan), mengajari anak-anak mencuci tangan adalah hal penting, selain berguna untuk mendidik hidup sehat dan bersih, anak juga bisa belajar tentang keimanan. Seperti sebuah hadits yang artinya, "Kebersihan merupakan sebagian dari iman."

Namun bagaimana cara yang baik untuk membiasakan anak mencuci tangan?

Yang pertama sekali adalah orang tua harus memberikan contoh kebiasaan untuk selalu mencuci tangan setiap sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas apapun. Hal ini dikarenakan bahwa anak kecil akan selalu meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

Berikutnya, biasakan membawa anak ke westafel untuk mencuci tangan sebelum makan. Biarkan dia mencuci sendiri tangannya dengan menggunakan sabun. Anda tidak perlu ikut dalam kegiatan tersebut, cukup memperhatikan saja. Selama anak tidak melakukan sesuatu yang berbahaya, maka biarkan ia mengeksplor keinginannya.
Jika anak malah memainkan air atau sabun cair hingga tumpah dan membasahi lantai, yang membuat lantai jadi licin, Anda cukup memberinya arahan dan bukan pukulan atau omelan.

Kegiatan cuci tangan, bisa dilakukan ketika mau makan, setelah makan, ketika ingin tidur, ketika hendak belajar (agar buku dan perlengkapan belajar tidak kotor), setelah bermain, setelah dari kamar mandi dan aktifitas lainnya. Ajari anak-anak cara mencuci tangan yang benar bukan sekedar memainkan air dan sabun saja.

Menurut Dr. Endang Woro H SpPK, "Kuku dan celah diantara jari-jari adalah bagian tangan yang paling banyak kumannya. Selain itu lubang hidung juga tempat paling nyaman bagi kuman Staphylococcus Aureus penyebab infeksi MRSA ( Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus)."

Berikut ini langkah-langkah mencuci tangan dengan benar:

1. Basahi seluruh telapak hingga pergelangan tangan dengan air mengalir. Tuang sabun (untuk sabun cair) atau gosokkan hingga berbusa (untuk sabun batangan) ke telapak tangan, lalu gosokkan kedua telapak tangan dengan lembut.
2. Gosok masing-masing punggung tangan secara bergantian.
3. Jari jemari saling berjalinan untuk membersihkan sela-sela jari.
4. Gosok ujung jari (buku-buku) dengan mengatupkan jari tangan kanan terus gosokkan ke talapak tangan kiri secara bergantian.
5. Gosok dan putar ibu jari secara bergantian. Gosokkan ujung kuku pada telapak tangan secara bergantian.
6. Bilas dengan air bersih dan mengalir, lalu keringkan tangan dengan lap tangan atau tisu.

Menurut beliau, pemakaian pengering tangan elektrik juga tidak dianjurkan. Karena kalau alat ini tidak rajin dibersihkan, saat tangan didekatkan ke alat justru akan tersemprot kuman yang bersarang pada alat tersebut.

Dengan terbiasa melatih anak menjaga kebersihan diri, maka ia akan terbebas dari penyakit, masalah pencernaan yang menganggu, juga melatih hidup sehat.

Mudah-mudahan bermanfaat!

tags: mencuci tangan, cara mencuci tangan yang benar, manfaat cuci tangan, kapan saat yang baik mencuci tangan.

23 comments:

Lavanya 15 December 2009 at 08:18  

its a nice article,,,,,,,,,,,,,,,

heru 15 December 2009 at 08:19  

benar sobat, dengan membiasakan anak dari sejak dini untuk menjaga kesehatan dan kebersihan sangatlah diperlukan, agar selalu sehat dan selalu menjadi anak yang teladan, nice post sobat, salam sukses selalu

RanggaGoBloG 15 December 2009 at 09:54  

wah betul itu.. soalnya kadang cuci tangan adalah hal yang sangat berat untuk dilaksanakan.. padahal itu penting lho/...

the international times 15 December 2009 at 11:09  

tips yg bagus..memang dlm urusan mengatur si kecil gampang gampang susah. kita sring geram sekaligus gemes melihat pola tingkah lakunya :)

hadi 15 December 2009 at 13:41  

kebiasaan yang baik emang harus diberikan sejak dini, sebab lama-lama bisa jadi terbiasa.

7sins 15 December 2009 at 16:19  

awali hidup dengan sesuatu yang baik

arkasala 16 December 2009 at 02:50  

anak saya kelihatannya belum mempraktekan seperti tips di atas. Kadang langsung kabur aja. Memang masih harus di awasi :) Terima kasih tipsnya. Sangat bermanfaat.

Ohya, mau minta bantuan, pas kalo berkunjung ke blog saya,kalo tidak salah posisi di Doha ya!!! Mau minta pendapat saja Bagaimana menurut Mbak apakah akses blog saya yang arkasala.com bisa diakses dengan cepat apa tidak ya !!! Mohon infonya
Terima kasih atas bantuannya.
Salam sukses selalu :)

genial 16 December 2009 at 08:11  

duhh.. entah sudah berapa lama gag main ke sini??!?!

msafru 16 December 2009 at 09:20  

Setuju sob.....Biasakan cuci tangan karena sebagian besar kuman penyakit berasal dari tangan

IMAM MEQELS 16 December 2009 at 09:46  

bener bgt tuh,kan kebersihan itu sebagian daripada iman,,,,,,.salam mbak


www.wantduit.blogspot.com

medical galenical 16 December 2009 at 09:46  

I can't use the translator, :)

medical galenical 16 December 2009 at 09:49  

the translation's rather odd

Harry Seenthings 17 December 2009 at 00:02  

wakh keren buanget nih...postingannya...nice articles buddy

Gusti 17 December 2009 at 07:58  

bener-bener tips yang bermanfaat...

rumah blogger 17 December 2009 at 08:13  

benar sekali, anak2 kalo tidak dibiasakan dari kecil untuk menjaga kesehatan pasti kacau deh, dan gampang sakit

sabirinnet 17 December 2009 at 08:14  

ini perlu diperhatikan oleh orang tua, untuk membiasakan anak2nya menjaga kesehatan dari kecil. thanx infonya nich

NURA 17 December 2009 at 08:19  

salam sobat
iya benar ,dengan membiasakan cuci tangan sendiri.
saya ingat dulu anak saya masih kecil,cuci tangan sendiri saya biasakan,,,mainan sabunnya sampai setengah botol...karena ditumpahin ,he,,he

Osi 17 December 2009 at 12:59  

Menjadi orang tua yang penuh disiplin kayaknya
oke jg sebelum mendisiplinkan anak

zugamedia.co.cc 17 December 2009 at 16:37  

tulisan anda bermutu banget

Cinta Kasih Dan Hutang Ibu Pada Anak 18 December 2009 at 04:11  

Hehe ada yang kurang tuh bu... sabunnya pakai live boy biar kumannya pada mati.. hehe

intermezo 18 December 2009 at 10:34  

ya, saya setuju sekali untuk membiasakan kebiasaan yang baik dimulai dari kecil... nice info... :)

sosial seni budaya bisnis 27 December 2009 at 13:54  

masalah cucui tangan sebenarnya sederhana banget sih.....

kan kebersihan sebagian dari iman.....ya berses dong....kesehatan berarti menjadi iman dong....
sukses sob...

hadi 29 December 2009 at 13:54  

Pepatah Minang " dek ketek taraja-raja, lah gadang ta bao-bao"...pelajaran waktu kecil..menjadi kebiasaan jika sudah besar

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!