Powered by Blogger.


Tips Hadapi Anak Yang Manja

>> Thursday, 4 November 2010

Anak-anak dilahirkan bukan dengan pribadi yang manja. Anak yang manja terbentuk karena sikap orangtua yang terlalu sabar kepada mereka. Tak mengherankan jika hampir 95% orangtua memanjakan anak-anak mereka. Sikap manja anak bisa tumbuh, juga karena orangtua merasa tidak berdaya mengendalikan si kecil.

Namun menurut psikolog anak dan remaja, Richard Bromfield, Ph.D., dari Harvard Medical, ada 8 tips untuk mengambil kembali kendali Anda sebagai orangtua, yaitu:

1. Berkomitmen untuk tidak memanjakan anak.
Jadikan Anda dan suami sebagai pemimpin di rumah, sehingga mereka akan mengikuti. Jadi, bukan hanya Anda yang bisa mengikuti kemauan anak, mereka juga harus bisa mengikuti keinginan orangtua.

2. Jelas dan tegas.
Beritahu anak-anak mengenai apa yang Anda harapkan secara gamblang. Misalnya, tekankan pada mereka untuk bisa mandiri membersihkan kamar sendiri dan menyiapkan segala keperluan sekolah.

3. Jangan 'menyuap' anak di rumah.
Orangtua dan anak-anak akan membayar mahal kebiasaan 'menyuap' ini. Kebiasaan buruk ini akan terus mereka lakukan saat beranjak dewasa.

4. Hindari selalu membuat kesepakatan.
Tunjukkan secara langsung pada mereka bahwa tidak semua aspek kehidupan yang mereka tuntut merupakan kesepakatan, dan bisa selalu dikabulkan.

5. Jadilah bos, bukan berarti Anda harus kejam.
Maksudnya, bos yang bisa memahami, menyenangkan, memimpin, dan berwibawa sebagai orangtua.

6. Perhatikan berapa banyak Anda berbelanja untuk anak-anak.
Coba hitung, untuk satu minggu berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk memenuhi keinginan anak, termasuk mainan, buku, perlengkapan sekolah, pakaian, makanan ringan, peralatan olahraga, hiburan, pelajaran musik, dan sebagainya.

Usahakan agar tidak terlalu memanjakan mereka dengan materi. Selain bisa belajar tidak manja, mereka juga akan belajar soal mengelola uang dan menabung.

7. Menghargai setiap usaha lebih bagus dibanding melihat hasilnya.
Hal ini dapat membuat anak percaya diri sehingga kelak bisa mandiri. Sedangkan, sanjungan-sanjungan yang diberikan kepada anak, tidak akan membuat mereka percaya diri.

8. Luangkan waktu bersama anak.
Misalnya carilah pengalaman dan kegiatan yang tidak banyak mengeluarkan biaya, seperti naik sepeda, berkebun, membuat sangkar burung, membantu melakukan proyek-proyek di sekitar rumah. Cara ini juga bisa jadi cara agar Anda dan anak-anak mengurangi kebiasaan menghabiskan waktu di mal.

Semoga bermanfaat!

tags: cara menghadapi anak manja, trik hadapi anak manja, solusi menghadapi anak manja, membimbing anak agar tidak manja.

Baca juga yang ini yuk:
Ajari anak untuk menabung.
Tips hemat belanja baju anak.
Pilih buku sesuai usia anak.
Berbagai gaya orang tua.

22 comments:

Media Online News 4 November 2010 at 04:11  

semoga besok anakku gak manja.... :-)

Free Music Download 4 November 2010 at 04:14  

biasanya anak manja karena faktor orang tua kurang waktu/perhatian kepada anak & memanjakannya dengan materi...

Ferdinand 4 November 2010 at 06:16  

haha.. ternyata membuat kesepakatan malah gak bagus ya... padahal sering aku liat sodaraku... klo anaknya mau ng'lakuin sesuatu atau berhasil naik kelas atau apapun pasti ng'janjiin sesuatu ke anak hhe....

jadi lebih memahami nie wkwkw... :P

inge / cyber dreamer 4 November 2010 at 06:33  

dalam membentuk anak yang tidak manja salah satu peran oang tua sangatlah penting >.<

Saung Web 4 November 2010 at 13:17  

Waduh bener juga tuh tipsnya .. kadang kita kesel hadapi anak yg manja itu..

Zippy 4 November 2010 at 17:24  

Itu untuk anak usia berapa mbak baru bisa dijalankan metode seperti itu?
Soalnya kalo masih kecil sekali kan makannya emang masih harus disuap :D
Oh..ia, orang tua kadang membuat kesepakatan sama anaknya.
Hmm..agak susah juga yah :D

tipshot 5 November 2010 at 09:08  

Bagus juga artikelnya, komentar juga dong di blog saya : http://tipshot.blogspot.com

angga7 5 November 2010 at 19:25  

wah kalo dulu saya nggak manja tapi malah nakal ,hehe
nice tips for parents :D

Bunglon Blog Indonesia 6 November 2010 at 11:55  

hmmm anak² yang manja memang perlu sebuah perhatian dan tindakan oleh orang tua, semua demi kebaikan bersama ya mbak

narti 6 November 2010 at 12:48  

@ Ferdinand, semoga anak-anak dari saudaranya tidak keterusan hingga dewasa.

@ Zippy, untuk anak yang masih kecil bisa saja dilakukan hal-hal diatas. Yang sulit itu bagaimana agar anak tetap mau melakukan kewajiban-kewajibannya atau tugas lainnya meskipun tidak ada imbalan/hadiah untuknya.

home design cozy 6 November 2010 at 17:57  

sipp..lumayan buat referensi

morello 8 November 2010 at 17:23  

kalow biar pacar g manja ada tips nya g yaw..
kadang pacar kan suka di manja
hehehe...

Rizky2009 11 November 2010 at 14:52  

semoga kelak ini bisa aq terapkan nantinya kalau saya dah berkeluarga, izin saya save lagi

DenBaGas 11 November 2010 at 15:23  

Salam
Selalu ada ilmu baru yg saya dapat dari blog ini tentang anak...
Thanks for share kawan..

Salam kawan

Chenk Rahman 12 November 2010 at 14:53  

Terima kasih sangat bermanfaat, akan saya praktekan...

Willyo Alsyah P. Isman 12 November 2010 at 16:06  

makasih mba atas ilmu yg brmanfaat ini

sugianto 12 November 2010 at 16:13  

Saya mempopuliskan tulisan anda. Demoga bermanfaat. amin

catatan kecilku 13 November 2010 at 09:23  

Bagus banget artikelnya mbak... bisa dipraktekkan nih.

the others.... 13 November 2010 at 09:24  

Alhamdulillah... anakku sudah memiliki semangat menabung mbak, jadi udah tak perlu diingatkan lagi.

kakara 16 November 2010 at 08:37  

Semaraknya kasus suap-menyuap saat ini karena kebiasaan kecilnya ya..
Tips bagus mba ..TFS

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!