Powered by Blogger.


Flu | Gejala Flu, Penyebab Flu dan Pengobatannya

>> Thursday 8 December 2011

Siapa yang lagi kena flu? Musim dingin (winter) seperti sekarang, flu kerap sekali menimpa kita. Di Tanah Air sedang musim penghujan ya? Nah flu ini adalah salah satu dari sekian banyak penyakit yang sering mampir ke tubuh kita saat musim seperti sekarang. Tak hanya anak-anak, orang dewasapun sering kali terkena flu.






Bila anak-anak terserang flu, gejala awalnya lebih banyak dan sembuhnya akan lebih lama bila dibandingkan flu pada orang dewasa.
- Rata-rata flu pada orang dewasa berlangsung 5 sampai 7 hari, sementara pada anak-anak dapat berlangsung selama 10 hari.
- Gejala flu pada anak-anak berlangsung 2 minggu atau lebih dan menyebabkan infeksi pada telinga, infeksi sinus, atau pneumonia, umumnya menunjukkan komplikasi infeksi virus awal.
- Gejala flu yang paling umum pada orang dewasa adalah mampet pada hidung. Sedangkan pada anak-anak lebih cenderung memiliki berbagai gejala termasuk sakit tenggorokan, batuk, sulit tidur, dan menurunnya selera makan.

Berapa kali dalam setahun biasanya anak-anak usia prasekolah terserang flu?
Anak-anak usia prasekolah (di bawah 6 tahun) biasanya terserang flu sebanyak 6 sampai 8 kali dalam setahun.
Pada orang dewasa, rata-rata 2 sampai 4 kali dalam setahun. Untuk anak-anak usia balita yang dititipkan pada tempat penitipan anak dan anak-anak yang sudah masuk sekolah akan lebih mudah terkena infeksi dibanding anak-anak yang berada di rumah.

Bagaimana cara mencegah dan mengobatinya?
Karena flu biasa merupakan penyakit ringan, kadang kita jadi salah menilai, kadang jadi tidak khawatir bila anak tetap masuk sekolah walaupun sedang terserang flu. Padahal ini adalah hal yang salah.

Bila anak terserang flu, sebaiknya istirahat di rumah. Demam, ingus yang banyak, atau batuk yang tidak berkurang, biasanya memerlukan istirahat di rumah walaupun anak tampak tidak apa-apa. Lagipula, orangtua dari anak-anak yang lain akan menghargai usaha Anda dalam membatasi penyebaran flu.

Saran di atas juga berlaku untuk Anda yang sudah bekerja, bukan hanya untuk anak-anak usia sekolah. Bila Anda terserang gejala flu, sebaiknya tidak masuk kantor. Flu yang Anda tularkan kepada sesama rekan sekerja dapat dengan mudah ditularkan lagi oleh rekan sekerja pada seluruh keluarganya.
Wow... jika dibuat siklus penyebaran flu, maka flu ini cepat sekali menyebarnya ya?

Flu paling sering ditularkan pada beberapa hari pertama seseorang terserang flu. Jadi orang lebih mudah menularkan flu selama beberapa hari pertama flu.

Penularan flu bukan melalui air liur.
Pada umumnya tidak ditemukan air liur yang mengandung partikel virus pada orang yang sedang flu. Tetapi partikel virus lebih dijumpai pada ingus, oleh karena itu terkena lendir yang dikeluarkan pada saat batuk atau membersihkan hidung dan terkena orang lain dapat dengan mudah menyebarkan infeksi.

Cara terbaik untuk mencegah flu adalah dengan mencuci tangan secara benar, teratur, dan sering.
Virus flu dapat bertahan di tangan Anda selama dua jam. Dengan mencuci tangan secara teratur, memakai sabun dan air, merupakan cara terbaik mengurangi penyebaran flu.

Pada umumnya anak-anak menderita demam bila sedang flu, tetapi hal ini jarang terjadi pada orang dewasa.
Bila suhu tubuh anak di bawah 38°C, biasanya tidak memerlukan obat, karena naiknya suhu tubuh merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh terhadap virus. Jika Anda memberi obat demam pada anak, pilihlah Acetaminophen atau Ibuprofin, jangan aspirin karena aspirin pada anak-anak berdampak buruk pada kondisi hati.

Berbagai penelitian memperlihatkan, gejala flu tidak membaik bila anak-anak minum obat antihistamin, dekongestan, atau obat batuk. Beberapa dari obat-obatan tersebut membuat anak-anak menjadi mengantuk. Hal ini biasanya dimanfaatkan bila tanda-tanda dan gejala flu seperti batuk yang parah membuat anak tidak dapat tidur.
Antibiotik seperti penisilin, mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus. Flu biasa merupakan infeksi virus dan tidak harus diobati dengan antibiotik. Hal ini tidak akan membantu.

Baca yang ini juga yuk:
Pneumonia
Beberapa penyebab demam
Semua yang perlu Anda ketahui tentang demam pada anak
Biasakan anak untuk mencuci tangan dengan benar

0 comments:

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!